Tips Sukses Tes Kesehatan STAN dan Tes Kebugaran STAN

Menjadi Mahasiswa PKN STAN adalah impian banyak siswa yang baru lulus SMA, ada informasi yang harus kamu ketahui, ada beberapa tahapan seleksi untuk menjadi Mahasiswa PKN STAN. Tes Pertama adalah Tes Tulis dan Tes Kedua adalah Tes Kesehatan dan Kebugaran STAN. Setelah kamu lulus di Tes Pertama kamu akan masuk di Tes Kedua yaitu Tes Kesehatan STAN.

Lalu apa saja Tes Kesehatan STAN? Baik, mari simak informasi berikut :

STAN Singkatan dari Sekolah Tinggi Akuntansi Negara yakni Pendidikan Tinggi kedinasan di bawah Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan.

Daftar Tes Kesehatan STAN

  1. Mengisi Formulir Kesehatan

Tahap pertama yaitu pengisian Formulir Kesehatan, Tes Kesehatan dimulai pukul 07.30. setelah seleksi dimulai kamu di berikan nomor antrian dan diminta untuk mengisi formulir kesehatan oleh panitia penyelenggara.

Formulir Kesehatannya terdiri dari :

  • Biodata Diri
  • Riwayat Kesehatan

Dalam pengisian Formulir Kesehatannya diwajibkan diisi dengan data yang lengkap dan disesuaikan dengan keadaan kesehatan diri kamu sendiri.

  1. Cek Kesehatan Umum

Saat Cek Kesehatan Umum disini kamu hanya dicek tubuh bagian luar saja, Seperti :

  • Berat Badan
  • Tinggi Badan
  • Tensi Darah
  • Denyut Nadi

Pengecekan di Kesehatan Umum disini untuk menilai postur ideal kamu, jika tinggi dan berat badan kamu tidak seimbang maka kamu akan mendapatkan nilai yang kurang,dan bisa jadi gugur saat tes.

Pada intinya badan Ideal bisa membantu kamu mempunyai kesempatan Lolos lebih besar, jadi jaga kesehatan kamu ya…

  1. Cek Kesehatan Mata

Tes Kesehatan Stan berikutnya yaitu pemeriksaan Kesehatan Mata ini sama saja seperti pemeriksaan mata di dokter, nanti ketika setelah kamu di periksa oleh panitia jika keterangan kamu di formulir tertera ‘VOD 6/6’ maka itu keterangannya mata kamu normal. Dan itu bertanda kamu mendapat kesempatan lulus dalam Tes Kesehatan Mata ini.

Jika kamu mengambil Program Studi Bea Cukai ada aturan sendiri, yaitu jika kamu mengalami minus mata maksimal -2 kamu masih mempunyai kesempatan untuk lolos. Tetapi jika kamu memiliki minus mata melebihi -2 maka kamu dinyatakan gagal atau tidak lolos.

Namun jangan berkecil hati jika kamu memiliki minus mata melebihi -2 kamu bisa mengambil studi selain bes cukai. Dan harus diketahui jika kamu memiliki buta warna total maka kamu tidak bisa masuk di STAN.

  1. Cek Kesehatan Keseluruhan

Setelah kamu lulus Pemeriksaan kesehatan umum dan Pemeriksaan kesehaan mata. Setelah itu kamu akan masuk Pemeriksaan kesehatan tubuh secara keseluruhan, untuk tahapan ini lumayan detail dan panjang.

  1. Tahap Pertama kamu akan diperiksan bagian THT (Telinga, Hidung, Tenggorokan), Nanti disini kamu akan diperiksa Telinga kamu apakah berfungsi dengan baik atau tidak, Bersih atau kotor?.
    Lalu Hidung kamu apakah ada Benjolan (polip) atau tidak ? Lalu Tenggorokan kamu memiliki radang kronis, amandel atau tidak. Jadi jaga kesehatannya ya…

  2. Tahap Kedua pemeriksaan bagian gigi, dalam pemeriksaan ini Dokter akan memeriksa kesehatan gigi kamu ada lubang atau tidak?.
    Jika kamu mengalami gigi berlubang maka langkah yang tepat adalah kamu konsultasi ke dokter, apakah nanti gigi kamu di tambal atau yang lainnya, untuk masalah kerapihan gigi dokter masih memberikan toleransi tetapi mengurangi nilai lho.

  3. Tahap Ketiga pemeriksaan pembuluh vena, disini nanti kamu akan diperiksa apakah kamu memiliki Varises atau tidak? Jika kamu memiliki varises yang kategori berat maka akan mempengaruhi nilai kamu, jadi silakan jaga kesehatan dari sekarang.
    Biasanya calon yang mengalami varises mereka melakukan suntik atau terapi agar varisesnya hilang, tetapi semua itu hanya bersifat sementara. Jadi boleh di coba bagi yang ingin aman saat tes kesehatan STAN.
  1. Tahap Keempat pemeriksaan bagian anus. Disini nanti kamu akan diperiksa untuk mengetahui apakah kamu memiliki ambien atau tidak? Jika kamu memiliki ambien solusinya jangan makan makanan pedas dan minum obat untuk pencegahan ambien.

  2. Tahap Kelima pemeriksaan bagian Jantung, Paru-paru, perut, dan liver. Disini nanti kamu akan diperiksa dengan posisi berbaring di ranjang untuk pemeriksaan. Pastikan kamu tidak mempunyai penyakit jantung, paru-paru, dan liver untuk mempermudah kamu lulus di tes kesehatan ini.

  3. Tahap Keenam pemeriksaan Sistem Syaraf. Disini kamu akan diperiksa bagian dengkul kamu nanti dengkul kamu itu di pukul-pukul untuk mengetahui apakah ada syaraf yang tidak normal. Tenang saja mukulnya pelan kok.

Baik, setelah kamu melewati semua tes kesehatan stan maka kamu diharap menunggu pengumuman kelulusan tes kesehatan tersebut, jika kamu lulus maka kamu lanjut untuk tes berikutnya yaitu Tes Kebugaran STAN.

 

Berikut penjelasan Tes Kebugaran STAN

Tes Kebugaran STAN

Tes Kebugaran ini berfungsi untuk mengetahui fisik kamu apakah sehat atau tidak? Kuat atau tidak? Pastinya panitia memilih calon yang terbaik dari yang terbaik. Maka ada beberapa Tes yang harus kamu jalani. Mari simak penjelasannya.

  1. Lari 12 Menit

Tes ini bertujuan untuk mengetahui kebugaran dan daya tahan tubuh kamu. Nanti kamu akan berlari memutari lapangan dengan tempo watu 12 menit.

Tidak ada target dari panitia, namun panitia memberikan tiang pembatas untuk mengetahui kamu “sudah berapa putaran yang kamu lewati” nanti selama 12 menit itu lah kamu dinilai sesuai jumlah putaran yang kamu tempuh.

Agar kamu bisa mendapatkan nilai terbaik dan lulus dengan mudah maka kamu harus sanggup berlari sejauh 2 KM dalam waktu 12 menit, atau setara dengan 5-8 Putaran lapangan sepak bola.

Khusus untuk program studi Bea Cukai jarak yang harus ditempuh itu berbeda, jaraknya kisaran 10-12 putaran lapangan sepak bola dalam 12 menit.

  1. Lari Angka Delapan atau Shuttle Run

Kemudian setelah kamu selesai tes lari 12 menit maka kamu akan diberi waktu untuk istirahat 10-15 menit untuk menjaga stamina tubuh. Setelah istirahat kamu harus melanjutkan tes berikutnya yaitu Lari Angka Delapan atau Shuttle Run.

Jadi Lari angka delapan itu kamu disuruh berlari seperti angka 8 (delapan), nanti ada 2 tiang berjarak antara 10 meter dan kamu berlari memutari sebanyak 3 kali/putaran.

Lari Angka Delapan ini bertujuan untuk mengetahui kecepatan kamu dalam mengambil tindakan. Dan jika kamu menyentuh tiang maka kamu didiskualifikasi karena tes ini menguji konsentrasi kamu.

 

Tips dan Trik Sukses Menghadapi Tes Kesehatan & Kebugaran STAN

  • Jika kamu memiliki kelainan di bagian mata maka lakukan jaga kesehatan mata, minum yang mengandung vitamin A agar minus pada mata kamu tidak menjadi parah.
  • Jika kamu memiliki gigi berlubang maka segera konsultasikan ke dokter agar tidak parah. Nanti kamu akan ditangani sesuai keluhan kamu.
  • Jika kamu perokok aktif maka berhentilah sejenak saat sebelum tes kesehatan stan ini. Agar tes kamu lancar.
  • Sebelum kamu Tes Kesehatan Stan lebih baik kamu check up badan kamu agar kamu mengetahui apa saja yang kurang, atau sakit. Nanti kalua sudah tahu kamu bisa konsultasi dengan dokternya.
  • Untuk menjaga Kebugaran tubuh kamu disarankan untuk mengolah badan seperti lari secara rutin dan mengkonsumsi makanan dan minuman yang sehat.

Demikian artikel tentang Tips Sukses Tes Kesehatan STAN dan Tes Kebugaran STAN ini, semoga bermanfaat dan sukses, jika menurut kamu artikel ini bermanfaat jangan lupa bagikan ke teman-teman kamu agar lebih bermanfaat lagi. Terima Kasih.



Artikel Terkait